Entri Populer ( paling sering dikunjungi )

Kamis, 20 Desember 2007

Rante Bui ( Rantai babi )






"Diantara PEUGAWE yang dianggap paling kuat adalah Rante Babi atau Rante Bui
Babi Hutan yang selalu dijumpai tidak berkawan dengan kelompoknya
disebut BUI TUNGGAL 
pada babi hutan ini tumbuh sejenis kaitan besi di hidungnya yang membuat
binatang itu kebal
kaitan itu sebenarnya terjadi dari cacing tanah / GLANG TANOH
yang tertelan oleh binatang ituketika ia makan lalu bersarang di hidungnya
dan berubah menjadi suatu benda yang mendatangkan keuntungan.
jika bui tunggal itu makan , maka ia melepaskan kaitan itu dan beruntunglah
orang yang dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk mengambil rante 
tersebut 
(Snouck Hurgronje , The Achehnese, 11, hlm 37)





suatu malam kami sekeluarga dikejutkan dengan suara berisik yang melenguh berkeliaran disamping rumah kami dahulu di pedalaman kalimantan, tepatnya di kecamatan Melak, Hulu Mahakam, Kaltim.

Kulihat bapakku segera mengambil senapan laras panjang dan segera mengisinya dengan peluru sebesar jempol orang dewasa.
lalu akupun mengikutinya ke arah samping rumah. Duarrrrr.. tembakan tersebut tepat mengenai sasaran. ternyata sosok babi hutan yg sangat besar yang ditembaknya. seketika berhamburanlah pergi lari terbirit-birit kelompok babi lainnya.

namun diluar dugaan, babi besar tadi yg terkena tembakan, ajaibnya segera beranjak bangun seperti bangun dari pingsannya. ternyata walau telah terkena tembakan dengan telak. babi besar itu tidak cedera sedikitpun. kemudian kami lihat babi itu segera lari dengan cepatnya.
itulah kejadian tatkala aku masih berumur 7 tahun, dan kalimantan masih subur dengan hutan belantaranya, di sekitar tahun 1974.

peristiwa itu begitu melekat dalam ingatan, apalagi tatkala keesokan harinya, aku ikut mendengar cerita bapakku itu kepada pegawai-pegawainya ( bapak menjabat sebagai KKPH Dinas Kehutanan). dan salah seorang dari mereka yg masih penduduk aseli setempat ( suku dayak kenyah) bercerita bahwa babi yang semalam bapak tembak ialah Rajanya Babi Hutan.
aku masih mengingatnya walau dalam kegelapan malam namun dibantu sinar bulan tampak bulu2nya gondrong lebat, dan dua taring nampak sangar pada mulutnya..

rumah dinas yg kami tempati itu memang bersebelahan dengan kantor bapak, sehingga setiap pulang sekolah, aku selalu jadikan tempat bermain, bercengkerama dengan pegawai bapak.

pegawai bapak bercerita, bahwa babi besar itu punya kekebalan dan anti tembak, jadi walaupun sudah kena tembak, paling hanya terjatuh bengong sebentar karena efek benturan, lalu bisa bangun dan pergi. menurutnya pada taring babi itu ada "jimatnya" yg berbentuk seperti ulat yg melingkar dan membatu. setiap kali babi itu mandi, maka jimat itu dilepasnya. dan setelah mandi, dipakai lagi dilengketkan pada taringnya..

aku masih tak mengerti dan penasaran dengan jimat itu, yg belakangan terkenal dengan istilah "rantai babi". sampai suatu saat ketika aku kuliah di Bogor, aku menemukan buku karangan DR. Ibrahim Alfian ( dosen UGM ). pada buku itulah ada diceritakan sedikit tentang "rante babi"
yang digunakan ulama Aceh ketika berperang melawan Belanda. 







untuk itulah maka aku upload gambarnya disini sebagai penambah wawasan. berhubung belakangan aku sering melihat salah kaprahnya paranormal yg tidak bertanggung jawab dan menyatakan " rante babi" versinya, yg kuanggap tidak sesuai dengan apa2 yg diketahui dan diceritakan oleh suku-suku di pedalaman.
pada gambar di blog inilah aku menyatakan bentuk aseli rante babi yang sebenarnya. yang mana sekarang rante babi di foto itu masih ada dan tersimpan di museum kolonial Belanda.



sumber informasi lainnya :


1. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10620445

2.  http://www.rampagoebgdj.blogspot.com/2009/10/ajimat-teungku-cot-pling.html


3http://harian-aceh.com/2011/05/12/mistik-rante-bui-dan-pawang-rimueng

Anda sedang membaca artikel tentang Rante Bui ( Rantai babi ) dan anda bisa menemukan artikel Rante Bui ( Rantai babi ) ini dengan url http://kisawung.blogspot.com/2007/12/rante-bui-rantai-babi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Rante Bui ( Rantai babi ) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Rante Bui ( Rantai babi ) sumbernya.

3 komentar:

joe mengatakan...

dikalimantan barat banyak yang mengaku mempunyai benda ini.... semoga saja sama dengan gambar yang berada diatas...

misnona mengatakan...

di kuala lumpur, pak raden yang katanya mondok sebentar di cirebon, pernah tunjukkan rantai babi versi malaysia, sangat berbeda, menjijikkan, bagaimana bisa digunakan untuk kekebalan.mungkin rantai babi ini banyak versi mengikut siapa yang menemukan. akan yang aslinya, entah bagaimana, mahu tanya sama siapa, tanya sama babi hutan ya? lucu deh!

ontong besal mengatakan...

salam paseduluran, sy punya siung babi asli, sy dikasih kawan waktu tugas di Ngabang - kalbar dulu. Kawan tsb asli orang dayak Ahe. Gambar bisa MMS, 085393956333