Entri Populer ( paling sering dikunjungi )

Selasa, 18 Desember 2007

Besi Kuning




Menurut keterangan sementara yg kudapatkan dari hasil dialog dengan orang2 yg tinggal di pedalaman Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan. Besi kuning ternyata berasal dari sarang tawon tua. biasanya ada diatas gunung dan sudah memfosil jadi batu. namun pada titik tertentu tersembunyi dari sarang tawon itu biasanya terdapat satu bentuk kepompong kecil yg membatu dan ada lobangnya sebesar lobang jarum. didalam kepompong itulah terdapat sepasang besi berwarna kuning, yg disebut dengan istilah Besi Kuning.

Konon, para tawon yg ada di wilayah itu menggunakan besi kuning ialah untuk mengasah Entupnya agar tetap kuat "bisa"nya sebagai senjata mereka.

Konon pula, burung pelatuk bawang yg menurut sahibul hikayat adalah salah satu hewan yg diberi keberkatan Allah, jg sering mengasah pelatuknya pada besi itu. Di Sumsel dikenal istilah dengan sebutan besi Angkus.

Wong Kito Galo dan Orang2 dari Bugis Makasar sangat percaya karena telah sering membuktikan dengan keampuhan dari besi kuning sebagai salah satu andalan pegangan mereka ketika bertarung di lapangan.


ini diantara foto besi kuning yang benar-benar aseli : 


http://www.lamin.com/gerai/besikuning.htm

Anda sedang membaca artikel tentang Besi Kuning dan anda bisa menemukan artikel Besi Kuning ini dengan url http://kisawung.blogspot.com/2007/12/besi-kuning.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Besi Kuning ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Besi Kuning sumbernya.

1 komentar:

SAPTA MULIA 139 mengatakan...

ok mantap,sapa yang mau kasih ya,ya untuk koleksi aja